Sabtu, 12 Januari 2013

Agar Kuliah Kamu Cepat Selesai

PDFPrintE-mail
Oleh : Lutfi Hamonangan Tumanggor
Masa – masa kuliah memang sangat di tunggu oleh kalangan anak – anak SMA yang baru lulus, Kebanyakan dari mereka sudah tidak sabar lagi untuk menginjakkan kakinya di kampus pilihan mereka. Tapi apakah dunia mahasiswa sama dengan dunia siswa? Jawabnya tentu berbeda.
Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menimba ilmu di Universitas/Sekolah Tinggi/Institut ataupun sejenisnya. Di sana mereka di berikan kebebasan berekspresi dan berinovasi dalam menjalankan masa – masa kuliahnya. Kebanyakan dari kita, menjadi mahasiswa adalah masa – masa kebebasan yang dimana semua kegiatan dan aktifitasnya, kitalah yang mengatur, tidak seperti ketika kita masih menduduki bangku sekolah. Namun, ingat, walaupun kita sudah diberikan kebebasan, kita jangan sampai kebablasan dalam menikmati kebebasan tersebut, supaya tujuan kita kuliah tidak terbengkalai dengan aktifitas- aktifitas yang tidak berguna.
Nah, di sini pembahasannya lebih ke tips agar kuliah kita cepat lulus dan ilmu yang didapat bisa segera diaplikasikan dalam kehidupan.
1. Pilihlah Universitas/Sekolah Tinggi/Institut yang sesuai dengan keinginan kita.
Maksudnya, pilih tempat kuliah yang memang benar – benar kita idamkan. (note: sesuaikan dengan kemampuan ) sudah kita perhitungkan baik / buruknya jika kita masuk ke dalam kampus tersebut. Jangan cuma bisa masuk, tapi tak bisa keluar (lulus).
2. Pilih jurusan yang kita sukai
Jurusan adalah tempat dimana kita bisa mengembangkan bakat yang kita punya, sesuai dengan yang kita bisa. jangan sampai salah jurusan.
3. Pintar – pintar cari teman
Bukan untuk membeda – bedakan teman. Tapi, carilah teman yang memang bisa membuat kita termotivasi dalam menyelesaikan kuliah dan bisa diajak sharing / berbagi ilmu.
4. “Hindari” Pacaran
Bukannya melarang untuk pacaran. Tapi, hasil pengamatan saya di lapangan, kebanyakan mahasiswa yang pacaran itu waktu belajarnya berkurang, karna harus memberikan perhatiannya kepada sang kekasih, ya walaupun ada juga yang bisa ngatur waktu dalam masalah ini.
5. Jangan banyak mengeluh
Kalau untuk yang semester baru atau baru masuk kuliah, mungkin belum merasakan masa – masa bosan dalam menjalani kuliah. Tapi, untuk mahasiswa yang sudah semester dua ke atas, biasanya merekalah yang sering mengalami kebosanan berujung mengeluh.
Masa – masa semester pertengahan adalah masa – masa sibuknya mahasiswa, karena selalu banyak tugas – tugas yang diberikan oleh dosen.  Disinilah tenaga ekstra kita harus keluar. Dilarang untuk selalu mengeluh dan merasa jenuh, karena itu bukan cara untuk menyelesaikan masalah. Tetap semangat dalam menjalaninya, anggap saja tugas – tugas tersebut adalah pelajaran tambahan yang diberikan secara tidak langsung oleh dosen, karena dalam pengerjaannya kita pasti mencari banyak referensi untuk menyelesaikannya. Hal inilah yang sangat bermanfaat, karna kita bisa menggali ilmu kita lebih dalam lagi.
6. Selalu meminta doa restu dari kedua orang tua
Doa orang tua juga berperan bagi kita dalam menjalani masa – masa kuliah, karena berkat doa merekalah kita bisa mengerjakan ataupun menjalani semua ini dalam keadaan yang dilapangkan.
7. Selalu berdoa
Kita terlahir di dunia ini berkat dari izin sang pencipta, jadi dimanapun kita berada kita harus selalu ingat kepada-Nya. Dengan ridho dari-Nya lah kita bisa menjalankan sesuatu yang dianggap sesuai dengan kemampuan kita.
Mungkin, tips di atas belum lengkap.  Yang saya tuangkan hanyalah pengalaman dan hasil pengamatan . Intinya, dalam menjalani masa – masa perkuliahan, kita sebaiknya bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, dan bisa mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki dengan baik agar hasil yang kita dapat juga bisa memuaskan dan dapat membuat bangga orang tua kita.
Penulis mahasiswa Jurusan Tekhnik Informatika di Stmik Amikom Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar